Gua Kiskendo PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 21 January 2010 13:51

Gua Kiskendo yang berada di Desa Trayu, Singorojo, Kendal, Jawa Tengah, merupakan objek wisata alam berhawa sejuk dengan pemandangan alam sangat indah. Gua yang ada di perbukitan Desa Trayu berjarak 15 km dari arah selatan Kota Kendal ini terbentuk selama berabad-abad akibat tetesan air yang turun ke bawah.

Gua_kiskendo1"Biasanya wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini kaum muda, terutama pada hari  libur banyak muda-mudi datang ke tempat ini," kata Mularsih, pemandu wisata dari Singorojo, di Kendal, Selasa.

Ia mengatakan, setiap libur panjang, selain siswa SLTA juga wisatawan umum dari Semarang, Yogyakarta, Magelang, dan Jakarta mengunjungi objek wisata alam ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun bus pariwisata.

Jika wisatawan melangkah jauh ke dalam gua, kata dia, pada ujung gua ini akan menjumpai sungai yang mengalir menembus perut bumi. Di dalam gua ini ada larangan wisatawan/pengunjung tidak boleh mandi di sungai itu. "Namun, pada saat air sungai tidak pasang banyak juga warga sekitar gua ini mandi di sungai itu. Air sungai ini terasa sejuk dan menyegarkan," katanya.

Gua_kiskendo2Selain gua Kiskendo, di sekitarnya juga terdapat gua-gua kecil seperti Gua Lawang, Pertapaan, Tulangan, Kempul, dan Kampret.

Mengenai objek wisata alam lainnya di Kendal yang sering dikunjungi wisatawan adalah pemandian air panas Gonoharjo di lereng Gunung Ungaran, sekitar 40 km dari kota Kendal lewat Kecamatan Kaliwungu.

Di daerah ini terdapat beberapa sumber mata air panas dengan didukung pemandangan alam yang indah dan udaranya juga sejuk. "Air panas di sini berbelerang sehingga sangat baik untuk kesehatan, dan dipercaya penduduk sekitar dapat menyembuhkan penyakit kulit," katanya. (sumber : Media Indonesia/Ant/OL-02)

Artikel Terkait:

relatedArticles
 

Iklan